Dalam bentuk yang sederhana identitas logo dapat dibagi menjadi 9 bagian, yaitu :
1. Deskripsi Company Profile
Mengetahui profile perusahaan merupakan tahap awal dalam pembuatan logo. Bagaimana menggambarkan company profile ? Saat awal riset, saya membiasakan untuk menanyakan visi dan misi perusahaan, serta market perusahaan. Kemudian apakah sebelumnya mereka memiliki identitas perusahaan. Semua informasi ini tertuang diawal saat membuat identitas logo.
2. Filosofi Logo serta maknanya
Terdiri dari apakah elemen logo tersebut, filosofi akan membuat logo penuh makna dan bernilai tinggi.
3. Konstruksi logo dan elemen visual lain yang menyertainya
Bentuk vertikal atau horizontal kah ? Penjelasan detail mengenai logo dituangkan pada tahap ini.
4. Ukuran minimum dan clear area
Memberikan batasan ukuran terhadap logo serta clear area, baik ketika di printing maupun di website.
5. Versi Turunan Logo
Ketika sebuah logo menjadi ‘mother’ dari anak-anaknya. Maka perlu membuat turunan logo perusahaan, meskipun pada saat itu perusahaan belum memiliki turunan tapi seorang desainer perlu membuatkannya.
6. Warna
Pewarnaan dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
- Colorful
- Black & White
Pada ketiga elemen tersebut perlu dibuatkan pantone color.
- Gradient Color
7. Tipografi
Tipografi tidak hanya terkait dengan logo, namun pada media yang diterapkan seperti stationary, body text, email, dan sejenisnya.
8. Incorrect use / perlakuan terhadap logo yang sebaiknya dihindari
Sebaik diterangkan secara visual pula apa-apa saja yang sapatutnya dihindari agar identitas logo menjadi sempurna.
9. Implementasi / penerapan logo di berbagai media
Istilah lainnya yaitu Mock Up desain. Dalam tahap ini, kita dapat melihat bagaimana bentuk logo tersebut ketika diterapkan pada berbagai media
Sumber : erickazof
0 comments:
Post a Comment