Sep 17, 2015

Pertimbangan yang diperlukan dalam merancang logo



Apa yang perlu desainer pertimbangkan ketika merancang logo?

“Banyak hal. Tapi sebelum mereka mulai merancang, semua terkait tentang memahami klien, melihat kompetisi, konteks serta target marketnya. Ini semua akan membentuk gagasan ide. Ini tentang membangun parameter: mengajukan pertanyaan seperti, apa visi misi dari merek tersebut? Berapa anggaran yang disediakan? Bagaimana dan di mana merek akan digunakan? Bagaimana mereka bisa menjadi pembeda dengan kompetitor? Apa strategi yang kompetitor lakukan? Siapa target marketnya? Di mana market melihat merek dan apa pandangan mereka tentang merek tersebut? Apa ada unsur budaya yang mempengaruhinya? Selanjutnya bagaimana mengindentifikasi kesemua hal itu dan menyampaikan secara visual kepada klien, dalam parameter yang telah ditetapkan.” 

Apa yang membuat logo menjadi besar?

Seperti kata Paul Rand, logo harus memiliki ciri khas, berkesan dan jelas. Untuk menjadi besar, harus melakukan hal-hal yang lebih baik daripada yang lain. Dan, sebaiknya, mewakili sesuatu yang besar, juga, apakah itu sebuah organisasi, layanan, orang atau produknya.

Apa pendapat Anda tentang situs-situs seperti 99 Desain, atau hampir “logo instan” situs yang menyiratkan bahwa proses perancangan logo cukup sederhana?

Saya tidak tahu, saya tidak pernah menggunakan salah satu. Tapi aku membayangkan mereka membuang-buang waktu.

Bagaimanapun juga, waktu akan menunjukkan bagaimana sebuah logo dapat bertransformasi baik membuat perusahaan menjadi besar atau lambat laut akan hilang dengan sendirinya. Semakin berkembangnya jaman, berkembang pula aplikasi pembuat logo seperti Michael Evemy jelaskan bahwa semakin menariknya simbol logo pada zaman era digital ini namun minim sekali filosofi spiritnya. Tentu ada kelebihan dan kekurangan, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Karena menurut saya, logo layaknya sebuah pakaian, tinggal bagaimana si pemakai memilih pakaiannya.

“The digital era has made logo-makers, avatar-creators of all of us, so the art of the logo, of capturing maximum meaning with minimum means, is more magnetic than ever.” – Michael Evamy


0 comments:

Post a Comment